Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker Ternyata Memang AMPUH dan SUDAH TERBUKTI BERDASARKAN PENELITIAN PARA AHLI KESEHATAN.


Walatra Berry Jus > Buah blueberry mungkin masih asing di telinga kita, hal ini karena buah blueberry bukan tanaman asli dari indonesia tapi berasal dari Amerika bagian utara.

Tanaman ini sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu dan bisa dikatatakan sebagai buah tertua di dunia, Sejak Zaman Dulu orang Indian telah makan buah blueberry. Ada banyak cara memakannya, Bisa langsung dimakan dan dikonsumsi dalam kondisi yang sudah kering dan ditumbuk menjadi bubuk.

Sekarang ini Blueberry disebut “Raja Anti kanker”, pemerintah AS menyebut blueberry lebih sebagai “Makanan anti-kanker pertama”. Pendapat tersebut bukan isapan jempol semata, tapi memang sudah DITELITI OLEH PARA AHLI KESEHATAN.

Sekilas Tentang Buah Blueberry

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit KankerBlueberry adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara[1]. Berupa semak yang ukurannya mulai 10 cm hingga 4 m; spesies terkecil dikenal sebagai “bluberry semak rendah” (sama dengan “liar”), dan spesies terbesar adalah “blueberry semak tinggi”. Daunnya berganti atau hijau sepanjang tahun, ovate hingga lanceolate, dan mulai 1–8 cm panjangnya dan lebar 0.5-3.5 cm. Bunganya berbentuk bel, putih, merah atau merah muda pucat, kadang-kadang kehijau-hijauan ( Sumber : Wikipedia )

Kandungan Manfaat Buah Blueberry Untuk Atasi Penyakit Kanker

Mengapa berry mendapatkan begitu banyak perhatian saat mencegah kanker? Itu karena banyak fitokimia mereka, seperti antioksidan dan flavonoid!

BAGAIMANA ANTIOKSIDAN MELINDUNGI TERHADAP KANKER ?

National Cancer Institute menyatakan bahwa antioksidan melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Beberapa penelitian laboratorium menunjukkan antioksidan dapat memperlambat atau mencegah perkembangan kanker. Sumber antioksidan terbaik berasal dari makanan sehat yang mencakup banyak buah dan sayuran.

Ketika sampai pada buah-buahan, sulit untuk mengalahkan profil nutrisi buah beri. Menurut American Institute for Cancer Research , ada banyak nutrisi melawan kanker yang bisa ditemukan pada semua jenis buah termasuk:

  • Vitamin C
  • Serat
  • Asam Ellagic
  • Vitamin A
  • Folat

MENGAPA BUAH BERI SANGAT PENTING UNTUK PENCEGAHAN KANKER ?

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit KankerBlueberry adalah salah satu sumber antioksidan yang paling kuat. Phytochemical yang melawan kanker yang ditemukan secara khusus pada blueberry termasuk anthocyanosides (salah satu antioksidan paling manjur) dan resveratrol (juga ditemukan di kulit anggur merah).

Stroberi juga merupakan sumber antioksidan dan asam folat yang baik, dan merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang telah terbukti mengurangi risiko kanker kerongkongan. Satu cangkir stroberi menyediakan 100% rekomendasi harian Anda untuk vitamin C. Sebenarnya, stroberi adalah sumber vitamin C yang lebih kaya daripada jeruk!

Raspberi’ Warna merah tua berasal dari flavonoid. Senyawa ini bekerja dengan serat untuk meningkatkan kesehatan dan pencegahan penyakit. Asam Ellagic, yang ditemukan pada raspberry (dan buah lainnya) sedang dipelajari untuk sifat anti-estrogen, terutama bermanfaat untuk melawan kanker payudara tertentu.

Buah blackberry , seperti blueberry, adalah sumber anthocyanosides yang hebat. Phytochemical lainnya, vitamin dan mineral yang ditemukan dalam blackberry membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk dapat menonaktifkan radikal bebas dan mengurangi risiko kanker.

Manfaat Blueberry Melawan Kanker Dan Diabetes

Studi yang baru muncul menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu melindungi dari kanker mematikan dan diabetes, sekaligus memperbaiki kesehatan saluran kemih.

Di laboratorium, ekstrak blueberry dan buah beri yang umum dikonsumsi menunjukkan kemanjuran dalam membunuh sel kanker oral, payudara, dan prostat. Di laboratorium, anthocyanin blueberry telah ditemukan untuk menginduksi kematian sel diprogram (apoptosis) pada sel kanker. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa pterostilbene, senyawa fenolik yang ada dalam blueberry, dapat membantu mencegah kanker usus besar.

Studi laboratorium menunjukkan bahwa blueberry mengandung senyawa aktif dengan sifat seperti insulin, dan dapat melindungi sel dari efek toksik kelebihan glukosa. Temuan ini adalah ilmuwan terkemuka yang menganggap ekstrak blueberry sebagai terapi komplementer yang menjanjikan dalam mencegah konsekuensi diabetes.

Penelitian yang menarik juga menunjukkan bahwa blueberry juga dapat membantu mencegah infeksi kandung busuk yang menyusahkan. Seperti cranberry, blueberry mengandung senyawa yang mencegah bakteri E. coli (yang bertanggung jawab atas kebanyakan infeksi saluran kemih) menempel ke dinding kandung kemih. Tidak lagi mampu melekat pada lapisan kandung kemih, bakteri ini kemudian bisa keluar dari tubuh.

Penelitian Blueberry Melawan Kanker Payudara

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit KankerBlueberry terkenal akan antioksidan dan rasanya, namun penelitian baru menunjukkan bahwa mereka mungkin juga membantu dalam perang melawan kanker payudara.

Penelitian oleh lulusan PhD Massey University Dr Janyawat Vuthijumnonk telah menemukan bahwa hewan yang mengkonsumsi blueberry sebagai bagian dari makanan mereka memiliki tingkat tumor mammae 50 persen lebih rendah.

Sementara penelitian hanya dilakukan pada hewan pada tahap ini, ini mungkin menunjukkan bahwa konsumsi blueberry dapat menyebabkan kesempatan yang lebih baik untuk jaringan payudara yang lebih sehat pada manusia.

Vuthijumnonk mengatakan beberapa khasiat blueberry mengurangi jumlah radikal bebas di dalam tubuh, menyebabkan penurunan pembentukan pembuluh darah baru dan peningkatan bakteri menguntungkan. “Semua elemen yang membantu dalam memerangi kanker payudara,” katanya.

Dalam penelitiannya, Vuthijumnonk mengatakan bahwa hewan diberi blueberry dalam bentuk cairan atau pomace (pulped).

“Menariknya, tumor yang ditemukan pada hewan yang menerima [serat blueberry dalam bentuk pomace] lebih kecil dan kurang agresif dibandingkan pada hewan tanpa intervensi blueberry atau pada hewan yang menerima jus blueberry.”

Estrogen, hormon yang berperan dalam promosi kanker payudara, lebih rendah pada mereka yang mengkonsumsi makanan pomace.

Fakta itu berarti bahwa baik serat dan bahan kimia dalam blueberry memainkan peran penting dalam memerangi penyakit ini, katanya.

Tekanan lingkungan dan cara di mana manusia dan hewan bereaksi terhadapnya bervariasi, sehingga khasiat bluberi tidak pasti.

Vuthijumnonk mengatakan bahwa karena itu dia tidak bisa mengatakan bahwa blueberry pasti akan mencegah kanker payudara pada individu, namun penelitiannya mengindikasikan peningkatan konsumsi pada skala yang lebih luas dapat memberi manfaat bagi populasi.

Pria berusia 35 tahun, yang berasal dari Thailand, mengatakan bahwa dia ingin melakukan studi lebih lanjut mengenai efek gabungan dari konsumsi blueberry dan pengobatan tradisional.

Dia mengatakan bahwa dia juga menyarankan agar buah tersebut diteliti sebagai suplemen pasca operasi untuk pasien kanker payudara.

Vuthijumnonk lulus pada upacara hari Rabu di Palmerston North.

Dia telah kembali ke Thailand, di mana dia akan bekerja sebagai dosen di Universitas Teknologi Rajamangala Lanna, di Chiang Mai.

Baca Juga : Daun Sirih Merah Obati Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit KankerKhasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Khasiat Buah Blueberry Untuk Penyakit Kanker

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *