Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan Salah Satunya Dapat Membantu Menyembuhkan Penyakit Kanker. Ingin Tahu Apa Saja Khasiat Dan Manfaatnya ? Simak Informasinya DISINI.


Khasiat Buah Blueberry Untuk KesehatanBlueberry adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara.

Tanaman ini memiliki buah dengan nama Blueberry, Warnanya sangat tajam dan memiliki rasa yang manis. Bahkan Di Amerika buah ini dijuluki sebagai ” BUAH SUPER” dan dijadikan sebagai buah favorit yang ada dalam daftar menu harian.

Salah Satu khasiat Dan Manfaat yang paling menakjubkan adalah Khasiatnya dapat membantu mengatasi berbagai Penyakit KANKER dan penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, darah tinggi dan penyakit kronis lainya.

3 Jenis Kandungan Nutrisi Utama Yang Terdapat Dalam Buah Blueberry

Terdapat Kandungan VITAMIN C

Di dalam buah beri ini terdapat kandungan vitamin c yang cukup tinggi. Perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi vitamin C akan banyak khasiat dan manfaat yang akan diperoleh oleh tubuh diantaranya adalah tubuh akan terbentengi dari serangan flu, serangan infeksi salurah kemih bahkan serangan sel kanker.

Selain itu Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan serta meningkatkan produksi kolagen dimana kolagen ini sangat bagus untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Khasiat lainnya dari buah ini adalah sebagai pendukung kesehatan gusi. Bahkan, dari satu cangkir blueberry utuh dan segar saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar 24 persen. Selain vitamin C, blueberry juga mengandung vitamin A, vitamin K, dan vitamin B6.

Terdapat Kandungan Serat

Zat ini memiliki banyak fungsi, yaitu membantu mengontrol kadar gula darah, kolesterol, berat badan, dan mencegah serta mengobati sembelit. Maka dari itu, blueberry sangat baik bagi Anda yang mengidap diabetes tipe 1. Mengonsumsi tiga porsi blueberry per minggu yang dikombinasikan dengan buah-buahan lain juga dapat mengurangi 7 persen risiko diabetes tipe 2.

Terdapat Kandungan Mineral

Blueberry mengandung berbagai mineral yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti mangan, tembaga, zat besi, kalium, dan zinc. Karena itu, mengonsumsi blueberry dapat membantu memberikan perlindungan terhadap kesehatan tulang sehingga jauh dari risiko tulang mudah patah.

Khasiat Dan Manfaat Buah Bluberry Untuk Kesehatan Diantaranya Adalah :

Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan

Mampu Melawan Berbagai Jenis Sel Kanker

Studi klinis bahkan telah menemukan bahwa, tidak seperti strategi radiasi dan kemoterapi, makanan kaya asam galaksi seperti blueberry dapat membunuh kanker tanpa membahayakan sel sehat!

Misalnya, Journal of Biochemical and Molecular Toxicology menerbitkan sebuah penelitian yang mengevaluasi efek antikanker asam gallic terhadap sel kanker payudara. Seperti penelitian yang tak terhitung sebelumnya, peneliti menemukan bahwa blueberry dan asam galat lambat dan bahkan menghancurkan kanker payudara.

Manfaat blueberry pada kanker terutama karena berbagai antioksidannya, dengan asam gallic yang utama dan resveratrol juga menawarkan dukungan.

Vitamin C, vitamin A, dan berbagai fitonutrien dalam blueberry berfungsi sebagai antioksidan kuat yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Mereka menghambat pertumbuhan tumor , mengurangi pembengkakan di tubuh dan membantu menangkal atau memperlambat beberapa jenis kanker , termasuk esofagus, paru-paru, mulut, faring, endometrium, pankreas, prostat dan kolon.

Bluberi juga mengandung folat, yang berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah pembentukan sel kanker dari mutasi pada DNA.

Mampu Mengobati Penyakit Jantung

Serat blueberry, potasium, folat , vitamin C, vitamin B6 dan kandungan fitonutrien, ditambah dengan kekurangan kolesterol , semuanya mendukung kesehatan jantung. Serat dalam blueberry membantu menurunkan jumlah kolesterol dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Vitamin B6 dan folat mencegah penumpukan senyawa yang dikenal sebagai homosistein. Bila jumlah homocysteine ​​berlebihan menumpuk di dalam tubuh, ia dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung.

Menurut sebuah studi baru-baru ini dari Harvard School of Public Health dan University of East Anglia, konsumsi anthocyanin secara teratur dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 32% pada wanita muda dan setengah baya. Penelitian yang dipimpin oleh profesor nutrisi Aedin Cassidy, PhD, MSc, BSc, menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi setidaknya tiga porsi blueberry atau stroberi, menunjukkan hasil terbaik.

Kandungan serat yang tinggi, antioksidan yang brilian, dan kemampuan mereka untuk melarutkan ‘kolesterol jahat’ membuat blueberry merupakan suplemen diet yang ideal untuk menyembuhkan banyak penyakit jantung , sekaligus memperkuat otot jantung.

Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Blueberry tampaknya memiliki manfaat signifikan bagi orang dengan tekanan darah tinggi, merupakan faktor risiko utama bagi beberapa pembunuh terkemuka di dunia.

Dalam sebuah penelitian, orang gemuk yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung mencatat penurunan tekanan darah 4-6%, setelah mengkonsumsi 50 gram (1,7 ons) blueberry per hari, selama delapan minggu.
Penelitian lain telah menemukan efek yang sama, terutama saat melihat wanita pasca menopause .

Mengingat tekanan darah tinggi adalah salah satu pendorong utama serangan jantung dan stroke, implikasinya berpotensi besar.

Mempertahankan asupan sodium rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah . Blueberry secara alami bebas dari sodium dan mengandung potassium , kalsium, dan magnesium, yang semuanya telah ditemukan dapat menurunkan tekanan darah secara alami.

Mampu Mengobati Penyakit Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan dengan serat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang rendah dan penderita diabetes tipe 2 mungkin telah meningkatkan kadar gula darah, lipid dan insulin . Satu cangkir blueberry menyumbang 3,6 gram serat.

Pedoman Diet untuk Amerika merekomendasikan 21-25 gram serat per hari untuk wanita dan 30-38 gram per hari untuk pria.

Sebuah studi kohort besar yang diterbitkan di BMJ pada tahun 2013 menyarankan bahwa buah-buahan tertentu – tapi bukan jus – dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 pada orang dewasa. Selama penelitian, 6,5% peserta mengembangkan diabetes, namun para periset menemukan bahwa mengkonsumsi tiga porsi per minggu blueberry, anggur, kismis, apel atau pir mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7% .

Mampu Meningkatkan Fungsi Otak

Karena mengandung sejumlah fenol tinggi, terutama asam galat, blueberry dikenal sebagai “agen pelindung saraf.” Menurut para periset dari Iran, ini berarti bahwa mereka benar-benar dapat melindungi otak kita dari degenerasi, neurotoksisitas dan stres oksidatif.

Beberapa makanan lain yang kaya asam galat juga dikenal karena kekuatan otak mereka. Makanan otak yang meningkatkan fokus dan ingatan meliputi:

  • Blackberries
  • Kacang mete
  • Kacang hazel
  • Mangga
  • Plum
  • Stroberi
  • Teh hijau
  • Anggur merah

Studi lain menemukan bahwa mengkonsumsi lebih banyak blueberry memperlambat penurunan kognitif dan meningkatkan fungsi memori dan motor. Para ilmuwan dalam penelitian ini percaya bahwa hasil ini disebabkan oleh antioksidan pada blueberry yang melindungi tubuh dari stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Studi berbasis populasi telah menunjukkan bahwa konsumsi blueberry dapat mengurangi risiko penurunan kognitif dan juga penyakit Parkinson – gangguan neurodegeneratif yang diakibatkan oleh kematian sel di bagian otak.

Studi juga mengungkapkan bahwa selain mengurangi risiko kerusakan kognitif, blueberry juga dapat memperbaiki kehilangan memori jangka pendek dan koordinasi motorik.

Antioksidan pada blueberry tampaknya memiliki manfaat bagi otak, membantu memperbaiki fungsi otak dan menunda penurunan usia terkait.

Mampu Menjaga Kesehatan Tulang

Besi, fosfor, kalsium , magnesium , mangan, seng dan vitamin K dalam blueberry semuanya berkontribusi dalam membangun dan mempertahankan struktur dan kekuatan tulang.

Besi dan seng memainkan peran penting dalam menjaga kekuatan dan elastisitas tulang dan persendian. intake rendah vitamin K telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi untuk patah tulang , sedangkan vitamin yang memadai K intake meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi kehilangan kalsium.

Mampu Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Pembentukan koloni bakteri tertentu seperti E-coli di sepanjang lapisan dinding dalam saluran kemih bertanggung jawab atas infeksi ini. Ini berakibat pada peradangan, sensasi terbakar saat buang air kecil dan komplikasi lainnya. Untuk kondisi ini, blueberry bisa sangat bermanfaat.

Ini memiliki senyawa yang terbentuk dari molekul polimer besar yang menghambat pertumbuhan bakteri tersebut. Ini juga memiliki sifat antibiotik tertentu yang menambah efek ini. Molekul berat ini menggosok bakteri ini dari dinding sepanjang saluran, sehingga mencegah infeksi. Sejauh ini, senyawa ini hanya ditemukan di cranberry dan blueberry.

Mampu mengatasi Masalah Pencernaan Dan Mengatasi Sembelit

Sebagai sumber alami serat larut dan tidak larut, blueberry dapat membantu mengatur jalur gastrointestinal Anda dengan hanya menyantap beberapa genggam per hari.

Faktanya, peneliti Universitas Maine Vivian Chi-Hua Wu menyatakan bahwa, “Penambahan blueberry liar untuk diet dapat mengubah keseimbangan mikroba usus yang mendukung anggota filin Actinobacteria.” Wu dan timnya menemukan bahwa blueberry liar memiliki potensi prebiotik. , Yang mendorong pertumbuhan bakteri baik (probiotik) di usus besar dan meningkatkan manfaat pencernaan dan kesehatan.

Karena kandungan seratnya, blueberry membantu mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan untuk saluran pencernaan yang sehat.

Mampu Mencegah Penuaan Dini  Dan Memerangi Keriput

Kolagen , sistem pendukung kulit, mengandalkan vitamin C sebagai nutrisi penting yang bekerja di tubuh kita sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari, polusi dan asap. Vitamin C juga meningkatkan kemampuan kolagen untuk menghaluskan keriput dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Hanya satu cangkir blueberry yang menyediakan 24% kebutuhan vitamin C. harian Anda.

Produk perawatan kulit ekstrak blueberry menjadi sangat populer di seluruh dunia. Telah dilaporkan bahwa spektrum vitamin dan mineral yang luas membantu memulihkan keseimbangan hormon, yang menangkal jerawat. Itu membuat blueberry merupakan obat rumah yang sangat baik untuk jerawat .

Selain itu, blueberry mengandung resveratrol, yang terbukti mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari dan secara alami dapat menggelapkan kulit Anda.

Dapat Membantu Perawatan Mata & Degenerasi Makula

Blueberry adalah salah satu alternatif terbaik untuk kacamata, lensa kontak, obat tetes mata, obat-obatan dan operasi mata. Mereka dapat mencegah atau menunda semua masalah mata-mata terkait usia seperti degenerasi makula, katarak, miopia dan hypermetropia, kekeringan, dan infeksi, terutama yang berhubungan dengan retina, karena sifat antioksidannya. Degenerasi makula adalah masalah serius dimana retina mata merosot secara bertahap, akhirnya menyebabkan kebutaan total atau parsial.

Saya tentu tidak menyuruh Anda untuk menaruh blueberry di mata Anda, tapi Anda bisa memakannya untuk mendapatkan penglihatan yang lebih sehat. Blueberry mengandung kelompok antioksidan khusus yang disebut karotenoid (lutein, zeaxanthin dll.), Flavonoid (seperti rutin, resveritrol, kuersetindll.), dan senyawa antioksidan lainnya seperti vitamin C, vitamin E , vitamin A , selenium , seng dan fosfor , yang semuanya sangat bermanfaat dan penting untuk kesehatan mata.  Baca Selengkapnya Di > Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan Mata

Post by : Walatra Berry Jus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *